Vietnam 2-2 Indonesia: Gol Samsul Arif Selamatkan Indonesia dari Kekalahan

indonesia vietnam-660x330

 

indohoki88 – Indonesia memaksa tuan rumah Vietnam meraih hasil seri 2-2 pada laga perdana Grup A Piala AFF di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (22/11). Sempat tertinggal dua kali, skuat Garuda mampu mengembalikan defisit gol lawan. Gol Samsul Arif kembali menyelamat Indonesia dari kekalahan.

Pada awal-awal babak pertama tuan rumah hingga lima menit berjalan, Vietnam masih lebih menguasai bola sedangkan Indonesia cenderung menunggu. Tekanan dari Vietnam di menit ke-5, tapi bola sepakan Pham Thanh Luong masih melebar dan Kurnia Meiga pun membiarkan bola out.

Kembali Vietnam mendapat peluang emas dari Xian Thanh di menit 10. Lepas dari kawalan, penyerang Vietnam merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras, masih bisa ditepis keluar penjaga gawang asal Arema Cronus tersebut.

Dua menit berselang, Indonesia harus tertinggal melalui gol dari Que Ngoc Hai yang berhasil memanfaatkan halauan tak sempurna dari Sergio van Dijk dari sepak pojok

Setelah gol ini kepercayaan tim asuhan Toshiya Miura semakin menjadi sedangkan Indonesia masih belum juga keluar dari tekanan. Tendangan bebas di menit 16′ dari Vu Minh Tuan masih melebar dari gawang Meiga. Pemain Vietnam sekali lagi dengan bebas berhasil melepaskan tembakan ke gawang Indonesia. Kurnia Meiga sukses mengantisipasi.

Terus menekan membuat pertahanan Vietnam kecolongan, ketika umpan panjang Zulkfli Syukur tak diantisipasi dengan baik oleh bek Vietnam. Zulham Zamrun dengan finishing jitu berhasil memanfaatkan kesalahan tersebut dan berbuah gol penyama kedudukan di menit 32. Tiga menit berselang timnas mulai bersemangat dan berani keluar menyerang. Satu kerjasama M Ridwan dan SVD berbuah tendangan sudut.

Peluang berikutnya yang diciptakan oleh kedua kesebelasan tak lagi membahayakan, salah satunya laju pemain Vietnam ke kotak penalti Indonesia berhasil dihentikan tekel M Roby. Pemain Vietnam lain coba me-rebound, tapi bola melambung jauh. Setelah itu tak ada peluang berbahaya tercipta, hingga turun minum Indonesia berhasil memaksa imbang 1-1 tuan rumah Vietnam.

Di awal babak kedua pun, Vietnam tak mengendurkan serangan, beberapa serangan sempat membahayakan gawang Meiga tak terkecuali sepakan Hai Ahn masih membentur tiang gawang Indonesia. Pada menit 56, Vietnam kembali mendapat peluang emas setelah tandukkan Minh Tuan masih bisa diamankan dengan Meiga.

Semenit berselang Indonesia akhirnya mendapat peluang pertama di babak kedua, setelah tandukkan Van Dijk umpan dari Boaz masih menyamping dari gawang Vietnam. Tak memberi harapan skuad Garuda untuk kembali menyerang, kali ini pada menit 56 sepakan keras jarak jauh Minh Tuan masih sedikit menyamping dari gawang Indonesia.

Vietnam kembali ungguli Indonesia melalui Lee Cong Ving menjadi 2-1 setelah sepakan kerasnya di menit 68 tak mampun diantisipasi oleh Meiga.

Pelatih Alfred Riedl memasukkan Firman Utina untuk mencari gol penyama kedudukan. Peran Firman nyaris berbuah gol ketika umpannya tak mampu dimanfaatkan Van Dijk karena masih digagalkan kiper Vietnam.

Dalam 10 menit terakhir skuat Garuda kembali mencoba menekan untuk mencari gol penyeimbang. Akhirnya usaha tak kenal menyerah berbuah hasil. Tepat dimenit 84′, Sepakan Samsul Arif gagal ditangkap kiper Vietnam dan mengalir ke gawang sendiri.

Kans Vietnam untuk mencetak gol kembali terjadi di menit 88′, umpan terobosan ke kotak penalti kepada Le Cong Vinh dan sang legenda hidup Vietnam melepaskan tembakan mendatar yang masih bisa diblok Meiga.

Tambahan waktu empat menit tak mampu dimanfaatkan oleh tuan rumah, dua peluang mampu diciptakan oleh Van Quyet. Namun sepakan dan tandukannya tak mampu membobol gawang Indonesia. Peluang tersebut menjadi peluang terakhir, Indonesia akhirnya mampu menahan imbang Vietnam 2-2. Keduanya untuk sementara bercokol di posis 2 dan 3 klasemen grup A. Setelah pada pertandingan pertama tadi, Filipina mampu membantai 4-1 Laos.

Berikut susunan pemain:

Indonesia : Meiga, Zulkifli, M Roby, Jufriyanto, Rizky, Manahati (Firman 75′), Maitimo, Ridwan, Boaz (Samsul 60′), Zulham (Wanggai 89′), Van Dijk.

Vietnam :  Tran Nguyen Manh, Le Phuoc Tu, Dinh Tien Thanh, Ngyuyen Van Quyet, Que Ngoc Hai, Pham Thanh Luong, Vu Minh Tuan, Nguyen Hai Ahn (Lee Cong Vinh 55′), Nguyen Thanh Hien, Nguyen Xuan Thanh (Nguyen Minh Tung 81′)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s